Kelebihan toko online

Posted on February 1, 2011. Filed under: Bisnis Online |

1.       Modal usaha

Bisa dibilang untuk memulai membuka toko online bisa dibilang kita ngga perlu modal banyak, paling – paling hanya 1 set komputer + modem + internet, 1 buah camera digital, beberapa sample produk dan Paket hosting + domain saja.  Tidak mencapai Rp. 10 juta untuk memulai usaha toko online, bayangkan jika kita membuka toko offline Rp. 10 juta mungkin hanya cukup untuk sewa tempat selama 1 tahun.

2. Persediaan

Membuka toko offline pastilah membutuhkan banyak persediaan, paling tidak untuk display di toko kita. Lain halnya toko online, bisa jadi kita tidak perlu membeli persediaan (zero stock). Artinya kita tidak perlu banyak mengeluarkan investasi / modal kerja baik untuk gudang, tempat display maupun membeli persediaan itu sendiri. Yang penting kita memiliki sample produk agar kita tahu persis produk yang kita jual. Alhasil kita bisa lebih efisien dalam penggunaan modal kita. Namun hal ini bukan tanpa kekurangan, karena dengan tanpa persediaan kita harus lebih gesit untuk memenuhi pesanan-pesanan, sehingga kita wajib menjaga hubungan dengan supplier (sourcing) kita.

3.  Pasar yang luas

Jika ingin menembus dunia  internetlah tempatnya. Karena dengan internet pesan kita bisa sampai ke pelosok dunia dimanapun itu berada. Siap-siap saja suatu hari mendapatkan pesanan dari luar Indonesia. Pengalaman saya pernah terkaget-kaget mendapatkan order dari negara tetangga (Malaysia) dengan jumlah yang lumayan banyak.

4.  Kemudahan promosi

Melakukan bisnis saat ini mutlak perlu adanya promosi dan marketing. Dalam dunia internet tempat melakukan promosi sangatlah banyak, asal kita rajin browsing dan cari-cari informasi semua bisa kita dapat di internet. Saya pribadi memakai beberapa website promosi dan forum untuk mempromosikan produk-produk saya, antara lain : Indonetwork, toko bagus, krazymarket, Forum kaskus, Tabloid nova dan pastinya lewat facebook

5. Keluwesan waktu

Ngga perlu waktu khusus dalam membuka toko online. Seseorang pekerja juga bisa menyisihkan waktunya pada malam hari atau hari libur untuk menggarap toko online,  jadi tidak perlu mengganggu waktu kerjanya. Bahkan pada saat si toko online ini bekerja, kita tidak perlu menungguinya setiap saat. Dan nikmatnya lagi toko ini akan tetap bekerja 24 jam sehari 7 hari seminggu.

6. Tidak perlu tenaga kerja khusus

Beda halnya toko offline yang perlu tenaga kerja untuk melayani pelanggan atau menunggu toko, di toko online kita tidak perlu membayar pekerja untuk itu. Cukup cantumkan no telepon, id yahoo messenger, alamat email dan alamat websitenya, kemudian tunggu saja sang calon pembeli yang tertarik dengan produk kita.

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: