Bisnis tidak pernah mudah untuk dijalani. (Re-post)

Posted on October 26, 2010. Filed under: Bisnis |

Seringkali orang bertanya pada saya, Pak San apa kunci kita dalam berbisnis. Yang umum-umum saja. Nah ini saya mencoba meringkas dalam 9 Poin.

Pertama:Buatlah perusahaan Anda simple dan gampang dalam bertransaksi.

Seperti halnya McDonald, orang hanya datang, ngantri sebentar kemudian membayar dan selesai sudah transaksinya. Janganlah membuat perusahaan Anda susah untuk dibeli. “Ribet amat, padahal pembeli itu mengeluarkan uang untuk produk dan layanan kita”

Seperti halnya orang mencari Anda susah,menemukan harga produk Anda juga sama susahnya. Maka itu hanya akan membuat perusahaan Anda tidak pernah bisa berkembang.

Kedua,berikan nilai-nilai lebih pada pelanggan Anda. More added value to your customer. Kalau konsumen Anda hanya menginginkan barang, maka kirimkanlah barang itu dengan bungkus yang menarik. Kalau dia menginginkan tiket yang sederhana,maka kirimkan tiket itu dengan pelayanan yang menarik, cepat dan tanpa tambahan biaya plus plus.. Hal ini akan menambah nilai dari barang tersebut.

Ketiga,pelajari proses bisnis Anda. Bagaimana menghadapi customer Anda. Mulai dari mana customer tahu tentang produk dan perusahaan Anda, hingga membayar semua barang yang telah ter-delivery. Dan yang penting untuk mendapatkan attention awal adalah mengetahui dimana customer anda sering beraktifitas, apa aktifitas nya; entah itu sekedar arisan, nongkrong bersama keluarga, teman, hobby olahraga dimana, atribut apa yang mereka sukai, media social apa yang mereka pakai ,mungkin aktif di facebook atau twitter atau suka menulis blog-blog pribadi ataupun untuk komunitas tertentu. Ini akan membantu anda meletakkan media komunikasi perusahaan anda pada otak dan benak mereka sehari-hari.

Maka kata proses menjadi kata kunci dan harus diperbaiki dengan sebaik-baiknya.

Keempat,cobalah secara umum dapat merubah kreativitas menjadi rutinitas. Bagaimana sih kita bisa mengubah pekerjaan kita sehari-hari mejadi sebuah kreativitas yang rutin. Ini adalah sesuatu hal yang sulit, tetapi disinilah pentingnya inovasi dan kreativitas.

Kelima,ukurlah kinerja Anda secara komprehensif. Apa saja bisa diukur, karena kalau tidak ada tolak ukurnya kita tidak akan pernah tahu bahwa kita bagus atau tidak. Sederhananya, tahun ini omset saya berapa, dibanding tahun lalu naik tidak. bagaimana dengan tahun depan? jika kita sudah besar dan mempunyai sekian karyawan dengan biaya operasional sekian, harus berapa omset saya. dan lain lain.

Keenam,petiklah keuntungan dari ketidakpastian. Artinya kita harus fleskibel terutama diIndonesia, di mana ketidakpastian begitu besarnya. Banyaknya perubahan sangat penting bagi kita. Karena perubahan itu bisa membuat perusahaan kita sangat fleksibel.

Ketujuh,fokuslah pada pelanggan akhir. Mungkin kita menjual handphone melalui sebuah importer, distributor, retailer baru ke customer. Maka yang perlu diperhatikan selain pada channel distribusi atau perantara, adalah endcustomer; first think first is the User.

Kedelapan,hilangkanlah batasan-batasan dan bekerja samalah dengan siapa pun. Jangan pernah memikirkan bahwa Anda orang marketing, produksi atau yang lainnya. Kita harus  berpikir bahwa semua dari perusahaan kita, siapa pun kita satukan untuk memberikan produk dan layanan yang terbaik kepada pelanggan.

Kesembilan,cobalah memperkuat kompetensi kita, bekerjasama dengan perusahaan lain dan hanya memfokuskan diri kita pada kemampuan inti kita. Apa yang bisa kita lakukan yang terbaik, maka fokuskanlah di situ. Dengan begitu kita bisa berharap perusahaan kita bisa maju dengan lebih baik.

 

oleh Tanadi Santoso pada 18 Agustus 2010 jam 15:01

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: