Sulit Kontrol Kentut dan BAK

Posted on August 22, 2009. Filed under: kesehatan |

Sulit Kontrol Kentut dan BAKHOLEYCHEESE.WORDPRESS.COM

TANYA

Assalamualaikum wr.wb. Dokter, ada dua kebiasaan saya yang kurang baik menurut saya, yang sering saya lakukan. Pertama, saya sering sekali buang air kecil (BAK), padahal saya minum air normal saja. Hampir setiap setengah jam saya harus ke kamar mandi untuk buang air kecil.

Kedua, setiap mau melakukan sholat atau sedang sholat sering sekali saya mau kentut. Jika tidak sholat tidak terasa. Bagaimanakah cara mengobati 2 kebiasaan yang tidak baik ini pak dokter. Mohon sarannya. Terima kasih sebelumnya. Wassalamualaikum. wr.wb.

Zulherman– Zxxxxxxx@xxxxxx.com

JAWAB :

Assalamualaikum wr.wb. Berapa umur Anda? Adakah riwayat kencing manis pada orangtua? Jika sudah dewasa dan ada riwayat orangtua kencing manis, ada baiknya memeriksakan kemungkinan diabetes. Bila tidak, kemungkinan infeksi saluran kemih.

Periksa laboratoium untuk urine. Kebiasaan buang angin hanya pada waktu-waktu tertentu (sholat), tentu lebih sebab faktor psikis. Tenangkan jiwa, dan lupakan rasa cemas untuk kejadian yang tidak dikehendaki itu. Wassalamualaikum wr.wb.

dr Handrawan Nadesul

sumber : http://www.republika.co.id

sumber : http://www.republika.co.id

Make a Comment

Leave a Reply

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

